BAHASA INDONESIA SD KELAS II SEMESTER 2 BAB 1 BERTEMAN DALAM KERAGAMAN A. MEMAHAMI TANDA BACA KOMA ( ,) DALAM CERITA

    

Hello!

How are you?

Semoga selalu sehat dan semangat belajar Bahasa Indonesia ya... kita belajar yukkk.... 

Mari berdoa terlebih dahulu. Let's pray together!

Hari ini kita akan belajar MEMBACA dengan materi MEMAHAMI TANDA BACA KOMA ( ,) DALAM CERITA

Are you ready?

Baiklah kita mulai ya....

Apa cerita yang pernah kamu baca?

Apakah kamu pernah membaca cerita fabel?

Cerita fabel adalah cerita yang tokohnya adalah binatang.

Tokoh dalam cerita fabel berperilaku seperti manusia.

1. Membaca Cerita Fabel

Perbedaan itu Indah


Pada suatu hari di hutan, ada kelompok hewan yang berbeda-beda.

Ada Beruang, Singa, Jerapah, Kuda Nil, dan Gajah.

Meskipun mereka semua berbeda-beda dalam penampilan dan ukuran, mereka hidup dalam damai dan saling menghormati satu sama lain.

Suatu hari, ada hewan yang tidak senang dengan perbedaan mereka.

Mereka merasa tidak nyaman dengan teman-teman mereka yang berbeda.

Mereka bahkan mulai memilih hanya bergaul dengan teman yang sama.

Namun, seekor burung hantu tua yang bijaksana melihat.

Bahwa ini adalah masalah dan memutuskan untuk membantu.

Dia mengumpulkan semua hewan di hutan

Dia membawa mereka ke sebuah tempat di mana ada cermin besar.

Setelah melihat diri mereka sendiri di cermin.

Mereka mulai memahami bahwa setiap hewan berbeda.

Setiap hewan indah dengan caranya sendiri.

Mereka memutuskan untuk menerima perbedaan satu sama lain.

Mereka merayakan keragaman mereka sebagai hewan.

Mereka mengetahui bahwa ada keindahan dalam keragaman.

Mereka memutuskan untuk hidup bersama.

Mereka saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain.

Tanpa memandang penampilan atau ukuran.


2. Menjelaskan Tanda Baca Koma ( , )

Tanda baca koma ( , ) terletak di tengah kalimat.

Tanda baca koma ( , ) digunakan untuk memerinci beberapa unsur.

Contoh:

a. Pada suatu hari di hutan, ada kelompok hewan yang berbeda-beda.

b. Ada Beruang, Singa, Jerapah, Kuda Nil, dan Gajah.

c. Suatu hari, ada hewan yang tidak senang dengan perbedaan mereka.

d. Namun, seekor burung hantu tua yang bijaksana melihat.


 TUGAS

Ayo Berlatih ( Mandiri )

Buatlah kalimat dengan kata berikut!

1. Kelompok

Kalimat :

2. Penampilan

Kalimat :

3. Ukuran

Kalimat :

4. Damai

Kalimat :

5. Bergaul

Kalimat :

6. Bijaksana

Kalimat :

7. Keragaman

Kalimat :

8. Indah

Kalimat :

9. Cermin

Kalimat :

10. Menghormati

Kalimat :

Ayo Membaca ( Mandiri dan Bernalar kritis )

Bacalah cerita fabel berikut dengan saksama!

Keragaman Hobi


Pada suatu hari, di hutan ada seekor Kelinci yang sangat senang berlari.

Dia berlatih setiap hari dan berpikir bahwa ini sangat menyenangkan.

Namun, teman-temannya di hutan memiliki hobi yang berbeda.

Ada beruang yang suka memasak.

Jerapah yang suka memanjat pohon.

Kuda Nil yang suka berenang dan Gajah yang suka melukis.

Kelinci merasa tidak nyaman dengan hobi-hobi yang berbeda.

Suatu hari, Kelinci dan teman-temannya mengadakan sebuah perlombaan.

Kelinci merasa yakin dia akan memenangkan perlombaan itu.

Karena dia merasa hobi berlari adalah hobi yang paling baik.

Namun, saat perlombaan dimulai, Kelinci terkejut melihat teman-temannya.

Mereka menunjukkan keahlian yang luar biasa di bidang hobi mereka masing-masing.

Beruang membuat makanan lezat.

Jerapah berhasil memanjat pohon dengan cepat.

Kuda Nil berenang dengan indah dan gajah melukis dengan sangat bagus.

Kelinci menyadari bahwa setiap orang memiliki hobi yang berbeda.

Dia belajar untuk menghargai keragaman hobi.

Dia juga menyadari bahwa tidak ada hobi yang lebih baik dari yang lain.


Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Di mana peristiwa tersebut terjadi?

Jawaban :

2. Apa hobi Kuda Nil dan Gajah?

Jawaban :

3. Siapa yang memiliki hobi memasak?

Jawaban :

4. Tuliskan tokoh dalam teks menggunakan tanda koma yang tepat!

Jawaban :

5. Apa yang harus dilakukan terhadap perbedaan hobi?

Jawaban :



Kirimkan hasil pekerjaanmu ke Gurumu!

Thank you.

Terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAHASA INGGRIS SD THEME : HOBBY AND TIME_COMPETENCY TEST

BAHASA INGGRIS SD KELAS I SEMESTER 1 THEME: GREETING, INTRODUCING AND PARTING (PAS1)

BAHASA INGGRIS SD THEME: STORY (TRANSLATE)